Pilih Corel Draw atau Adobe Illustrator Untuk Desain



Mungkin banyak dari kalian yang bingung untuk memilih software desain antara Corel atau Adobe Adobe atau Core sebenernya kedua software itu sama saja tidak ada perbedaan sih yang menonjol sekali tinggal kalian itu lebih paham dan cocok dengan yang mana tinggal kalian lebih cepat memahami yang mana  sesuaikan saja, tapi dalam menyesuaikan itu kan kita juga harus melihat bagaimana sih perbedaan yang sedikit menonjol diantara software ini. Kali ini  akan saya bahas di artikel ini.


1. User Interface masing-masing software




"Adobe Illustrator Default"

Pertama kita akan membahas tentang user interface dari kedua software ini Corel memiliki ciri khas tampilan yang berwarna putih dan itu tidak enak dilihat oleh mata apalagi kalau kita memakai layar yang 100% SRGB (Meskipun diganti menjadi warna hitam menurut saya tampilannya menjadi lebih aneh untuk dilihat)


"Corel Draw Dark Theme"

Saya lebih condong menyukai Adobe Illustrator karena tampilan yang diberikan lebih berwarna hitam matte jadi kita lebih nyaman melihat desain kita. Untuk peletakan tool-tools nya itu Adobe lebih detail dan rapi, jujur  karena kerapiannya itu saya lebih susah memahaminya daripada Corel yang jauh lebih mudah dipahami karena toolsnya diletakan diposisi yang mudah dijangkau dan simple.


2. Tool-tool yang disediakan

Seperti yang saya bahas sebelumnya tools-tools dari Adobe itu lebih detail dan lengkap tapi halitu membuat saya kesusahan untuk melakukan proses editing. Misalnya saja tools yang digunakan untuk shaping contohnya weld, intersect, trim, dll. Di Adobe kita harus mengaktifkan tab sendiri (Patchfinder) berbeda dengan corel yang fitur tersebut sudah hadir di menu bar. Jadi menurut saya Adobe akan lebih ribet tetapi saya akui bahwa tools yang ada di Adobe itu lebih lengkap, intinya jika kalian ingin belajar Adobe lebih dalam kalian tidak akan kesulitan seperti saya XD.


3. Perbandingan Harga Software


"Adobe Illustrator"



"Corel Draw"

Sekarang kita bahas tentang harga, kedua software ini memiliki perbedaan, dapat kalian ketahui jika Adobe sendiri menjual softwarenya secara perbulan nah itupun harganya lumayan mahal sekitar 21 dolar untuk setiap 1 bulan atau sekitar Rp 294.000 nah lumayan mahal bukan? Bisa buat stok Indomie sebulan itu hehehehe. Berbeda dengan Corel yang dijual untuk full selamanya tanpa ada bayar didalamnya, jadi kalian hanya membayar 670 dolar itu untuk selamanya atau permamen dan bisa melakukan upgrade untuk memperbarui versi yang lebih baru. Jadi saya lebih menyarankan untuk membeli sesuai dengan isi dompet masing-masing masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.


4. Sistem Rekomendasi

Yang terakhir yaitu adalah sistem rekomendasi yang saya sarankan  untuk kedua software ini yaitu memakai RAM 4GB dan processor quad-core atau  minimal 2 core 4 thread untuk menjalankan software seperti Adobe dan Corel. Software desain seperti ini biasanya akan memakan banyak di resource RAM dan processor apalagi jika kalian sedang menggambar di ukuran yang besar seperti 4K ke atas itu sedikit berat, untuk hardisk sisakanlah sekitar 20 GB untuk software ini, jangan terlalu sempit ruang yang diberikan karena software desain juga akan menyimpan backup data untuk menjaga agar data ketika ada force close (Mati lampu) masih bisa di re open.



Nah itu sedikit informasi yang saya berikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua...

Web Designer, Designer, Keyboardist, Gamer

Bagikan Artikel!

Artikel Terkait

Selanjutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »
Load Comments